3 Hal yang Bisa Menyebabkan Cacingan Pada Kucing

3 Hal yang Bisa Menyebabkan Cacingan Pada Kucing

Kucing banyak dipilih menjadi hewan peliharaan karena selain lucu, kucing juga seringkali dijadikan “teman curhat”. Namun tak semua kucing lucu dan menggemaskan karena ada beberapa permasalahan kucing yang terkadang membuat kucing uring-uringan. Misalnya saja ketika kucing cacingan, dimana kucing tentu akan menunjukan perilaku yang berbeda dari saat kucing dalam kondisi sehat.

Cacingan pada kucing juga menyebabkan gangguan pencernaan. Dalam hal ini kucing akan terlihat lesu, tidak bersemangat dan cenderung mengalami penurunan berat badan. Yang perlu diketahui adalah, tidak semua cacingan pada kucing disebabkan oleh cacing itu sendiri. Artinya, ada beberapa hal yang juga menjadi pemicu cacingan.

Penyebab Cacingan Pada Kucing

Berikut hal-hal yang bisa menyebabkan cacingan pada kucing.

1. Kutu atau Tungau

Penyebab timbulnya cacingan pada kucing yang pertama adalah kutu atau tungau. Mungkin tak pernah terpikir sebelumnya jika kutu dapat menyebabkan cacingan pada kucing. Namun, bukan berarti tak bisa terjadi karena kutu yang dimakan bisa saja mengandung telur kucing. Sehingga telur dapat menetas di usus dan menyebabkan cacingan pada kucing.

2. Infeksi

Kebersihan lingkungan juga sangat menentukan kesehatan kucing. Jangan sangka jika kebersihan hanya berhubungan dengan infeksi semata. Justru dari infeksi inilah dapat menyebabkan kucing cacingan. Lingkungan kucing yang tak bersih dapat menjadi sarang penyakit.

Pasalnya, rumah kotor merupakan sarang kuman seperti cacing, bakteri, atau bahkan virus yang dapat menyerang kucing. Kebanyakan kucing terinfeksi cacing karena lingkungan kucing yang tak dibersihkan. Selain karena lingkungan yang kotor, infeksi juga bisa ditularkan dari indukan kepada anak kucing

3. Cacing dan Telur Cacing

Penyebab utama cacingan pada kucing tentunya adalah cacing dan telurnya. Cacing dapat masuk ke tubuh kucing dengan banyak cara. Seperti pada saat kucing menjilat tubuhnya sendiri atau bisa tertular dari daging mentah yang dimakan. Bisa juga karena berbagai makanan yang telah tercemar cacing sebelumnya seperti hewan mati dan ikan.

Jenis cacing yang dapat hinggap ke tubuh kucing juga begitu beragam. Setiap jenis cacing memiliki cara tersendiri untuk dapat masuk ke tubuh kucing. Seperti Echinococcus yang dapat menginfeksi melalui daging busuk. Selain itu, ada juga spirometra yang dapat hinggap di ikan air tawar makanan kucing.

Selain itu, ada juga taenia sebagai cacing paling umum penyebab cacingan pada kucing. Cacing jenis ini dapat menginfeksi berbagai macam makanan yang diolah secara tidak higienis atau pun tak matang.

Ternyata ada banyak hal yang bisa menyebabkan kucing cacingan. Itu artinya, ketika mendapati kucing mengalami cacingan, Anda sebaiknya juga mencari tahu penyebab dari cacingan tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lebih mudah melakukan pengobatan dan setelahnya bisa melakukan upaya pencegahan agar kucing tidak mengalami cacingan lagi.