Yuk Simak, Komponen yang Perlu Perawatan Berkala dengan Servis Mobil

Yuk Simak, Komponen yang Perlu Perawatan Berkala dengan Servis Mobil

Terjaganya kondisi mobil sangatlah penting untuk keselamatan semua orang, mulai dari pengendara dan orang sekitar. Kenapa demikian? Ini karena kondisi mobil yang baik bisa menghindari kerusakan mobil itu sendiri yang bisa berakibat fatal. Untuk menjaga kondisi mobil tetap stabil, maka, pemilik mobil harus rutin melakukan perawatan berkala dengan servis mobil.

perawatan berkala mobil yaitu suatu kegiatan perawatan atau service yang dilakukan secara berkala dan sudah terjadwalkan dalam suatu kurun waktu yang relatif cukup lama atau setelah melewati beberapa kali melakukan service rutin mobil. Untuk itu, sekarang kita dimudahkan dengan situs booking servis mobil yang bisa dilakukan secara online, yaitu Otomall.id. Jadi , kalian bisa memesan dari mana saja dan kapan saja. Ini sangat menguntungkan dan memudahkan kalian yang super sibuk.

Nah, apa saja komponen mobil yang perlu perawatan berkala? Di bawah ini komponen mobil yang perlu perawatan berkala dengan servis mobil.

7 Komponen yang perlu dilakukan perawatan mobil berkala dengan servis mobil

  1. Oli Mesin dan Filter Oli

Komponen pertama yang perlu perawatan adalah oli mesin. Di mana oli mesin adalah pelumas mesin supaya bahan bakar terbakar sempurna. Kemudian, penggunaan oli mesin juga untuk menghindari gesekan antar komponen, sehingga tidak rusak. Jadi oli mesin perlu dicek, dan harus diganti jika kualitasnya sudah jelek.

Selain oli mesin, filter oli juga harus sering dicek dan dirawat. Hal ini karena oli mesin digunakan untuk menyaring kotoran yang masuk ke mesin. Oleh karena itu, filter oli tidak boleh kotor yang bisa mengakibatkan penyaringan tidak sempurna.

  1. Busi

Busi digunakan sebagai pematik api yang nantinya bisa membuat kendaraan bisa menyala dan bisa digunakan. Nah, supaya mobil mudah dinyalakan, busi harus dirawat dengan cara dibersihkan jika busi tersebut kotor. Namun, jika businya rusak maka harus diganti.

  1. Filter Udara

Sesuai dengan namanya filter udara adalah penyaring udara yang nanti akan masuk ke ruang pembakaran. Di mana udara tersebut membantu proses pembakaran bahan bakar yang bisa berubah menjadi energi.

Nah, jika filter udara ini kotor, maka suplai udara yang masuk ke ruang pembakaran bisa terhambat. Ini bisa membuat proses pembakarannya tidak bisa berlangsung cepat dan sempurna. Akibatnya, penggunaan bahan bakar menjadi boros, dan membuat pengeluaran kalian bertambah.

  1. Aki

Aki atau yang juga dikenal sebagai baterai kendaraan, salah satunya mobil, mempunyai peranan yang penting. Seperti fungsi baterai pada umumnya, aki juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi yang nantinya dijadikan sumber listrik yang ditransfer ke beberapa komponen mobil yang membutuhkan listrik, seperti dinamo starter, untuk menghidupkan kendaraan.

Jika kendaraan sulit atau bahkan tidak bisa dihidupkan, bisa jadi masalahnya ada pada aki yang kurang cairan, jika jenis akinya basah, atau aki tersebut rusak. Oleh karena itu, aki sangat perlu dicek secara rutin, sehingga tahu perawatan apa yang harus dilakukan. Apakah harus dibersihkan, ditambah cairan aki, atau diganti. Jadi, mobil kalian bisa dinyalakan, dan dikendarai dengan aman dan nyaman.

  1. Filter AC

Sekarang banyak mobil yang sudah memakai AC. Alasan penggunaan AC mobil adalah agar pengendara dan penumpang nyaman di dalam mobil, karena tidak merasa kepanasan.

Jika kalian menggunakan AC mobil kalian juga harus merawatnya dengan baik, sehingga udara yang dihasilkan oleh AC tetap dingin. Cara merawat AC adalah dengan membersihkan filter AC, sehingga filter ACnya bersih dan kinerja AC tidak terganggu.

  1. Kampas Rem

Nah, siapa yang di sini pernah merasa bahwa rem mobil yang dipakai tidak ‘makan’ dan ada bunyi berdecit? Itu artinya kampas remnya sudah tipis yang membuat beberapa masalah yang kalian alami. Untuk itu, perlu dicek rutin, dan jika kanvas rem tipis, maka kampas rem perlu diganti.

  1. Kampas Kopling

Pengguna mobil, apalagi mobil manual, pasti tidak asing lagi dengan kopling. Ya, benda yang ada di bawah setir mobil yang diinjak jika kita perlu memindah gigi, dan menggunakan rem, sehingga mobil bisa berjalan dan juga berhenti. Ternyata kopling juga perlu perawatan juga loh, dengan memperhatikan kampas kopling.

Kampas kopling harus perlu di cek rutin, jadi kita tahu apakah kampas kopling perlu diganti apa tidak. Namun, kita juga bisa tahu bagaimana kondisi kampas rem jika harus diganti, yaitu jika ada bau kampas kopling, dan jika kalian sering melewati jalanan yang rusak.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja komponen yang perlu dirawat secara berkala dengan servis mobil? Jadi, yuk servis berkala mobilmu, jangan tahunya digunakan saja.